Guru Ngaji dari Solo yang Ikut ISIS Dijatuhi Hukuman Berat MA

0

TERASBINTANG .com – Mahkamah Agung (MA) memperberat hukuman Aries Raharjo alias Afief Abdul Madjid alias Afif guru ngaji yang terbang ke Suriah untuk ikut menjadi anggota ISIS. Sebelumnya, Afif dikenai hukuman 4 tahun penjara menjadi 6 tahun penjara.

Afief terbang ke Suriah pada 13 Desember 2013 dan bergabung dengan kamp pelatihan militer ISIS di suriah. Sekembalinya ke Solo, Afief lalu menjadi pendakwah dengan mengobarkan semangat Dulah Islamiyah dan menyumbang uang yang dimiliknya hingga akhirnya Afief ditangkap aparat pada awal 2015.

Pada 8 September 2015, Afief dinyatakan terbukti ikut organisasi terlarang ISIS dan dihukum 6 tahun penjara. Mendapati hukuman ini, Afief lalu mengajukan kasasi. Apa kata MA?

“Menolak permohonan kasasi terdakwa dengan perbaikan,” demikian lansir panitera MA dalam websitenya, Senin (28/3/2016).

Perkara nomor 2957 K/PID.SUS/2015 itu diketok oleh majelis kasasi dengan ketua hakim agung Andi Samsan Nganro dan anggota hakim agung Eddy Army dan hakim agung Margono. Ketiganya tetap menghukum Afief selama 6 tahun tetapi kualifikasi pidananya berubah dari bersalah karena ikut ISIS menjadi bersalah karena mendanai gerakan teroris. Kualifikasi pidananya sama dengan putusan PN Jakpus. (Rs)

KOMENTAR

loading...