Bandung Ditunjuk Sebagai Pusat Peringatan Hari Lahir Pancasila

0

TERASBINTANG.com – Kota Bandung ditunjuk menjadi tuan rumah peringatan Lahirnya Pancasila dan hari pidato Presiden pertama Ir. Sukarno pada 1 Juni 2016. Pemerintah Kota Bandung pun mulai mempersiapkan diri untuk hajat nasional yang rencananya bakal dihadiri Presiden Joko Widodo dan beberapa pejabat tinggi lainnya.

“Tanggal 1 Juni hari pidato bung Karno dan Pancasila secara nasional akan dipusatkan di Kota Bandung, insya Allah pak Jokowi dan kementrian lembaga tinggi negara akan hadir di Gedung Merdeka,” ucap Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Selasa (17/5/2016).

Menurut Emil, tahun sebelumnya peringatan hari kelahiran Pancasila tak terlalu meriah. Sebab, pemerintah pusat setiap tahun menunjuk tempat untuk menjadi pusat kegiatan perayaan kelahiran Pancasila.

“Tahun lalu tidak ada, karena tahun lalu dilaksanakan di Ende secara nasional, tahun kemarinnya lagi di Blitar. Jadi MPR memutuskan tahun ketiga di Bandung. Penunjukan oleh MPR. Karena ini acara nasional tentu kami meramaikan,” ujarnya.

Lanjut  Emil, bagi Kota Bandung perayaan hari lahirnya Pancasila dan pidato Bung Karno akan dirayakan rutin setiap tahun sebagai wujud dedikasi kepada sang proklamator.

“Tapi Bandung dengan acara nasional tahun ini, tapi tahun depan akan dirutinkan walaupun tidak ditunjuk, kebetulan Jalan Bung Karno juga baru diresmikan,” jelasnya.

KOMENTAR

loading...