3 Keahlian Dasar Untuk Menghemat Keuangan

0

TERASBINTANG.com —  Jika penghasilan kamu tidak sebesar artis Hollywood ataupun para konglomerat, perlu kiranya belajar untuk hidup hemat.

Hidup dengan berhemat sangat berguna menekan keluarnya uang sehari-hari yang tidak diperlukan. Hidup hemat juga berguna untuk mengumpulkan tabungan  investasi hari tua atau sewaktu-waktu ada kebutuhan mendadak.

Beberapa tips yang perlu kamu lakukan untuk melakukan penghematan. Coba simak 3 tips berikut ini:

1. Masak Sendiri Jangan Beli Makanan di Luar

Bagi yang mau melakukan penghematan ada baiknya anda punya keahlian memasak. Dengan memasak sendiri tentunya biaya yang diuarkan lebih murah ketimbang makan restoran atau tempat makan di luar rumah.

Masak sendiri juga berguna untuk menjamin makanan yang dikonsumsi bersih, steril, karena kita tahu persis proses pengolahannya. Daripada makan di luar rumah yang kita juga tidak tahu apakah bersih atau tidak.

Bagi anda yang tidak punya keahlian memasak, cukup kuasai keahlian memasak sederhana seperti memasak nasi atau membuat telur. Cara mudah ini sudah pasti menghemat finansial anda secara signifikan.

2. Catat Setiap Pengeluaran

Sekecil apapun pengeluaran anda, sebaiknya dicatat untuk memastikan pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan yang anda terima. Dengan adanya acatatan di handphone atau buku, bisa dianalisa pengeluaran yang membuat tabungan terkuras.

Kemudian anda membuat skala prioritas, mana pengeluaran yang memang penting dan mana yang tidak. Jika kebutuhan itu tidak penting-penting banget sebaiknya uang anda disimpan.

3. Pelajari Keahlian Dasar

Sebaiknya ada memiliki keahlian dasar seperti memperbaiki listrik di rumah, memperbaiki motor dan yang lainnya. Dengan keahlian itu, anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk jasa orang lain.

KOMENTAR