Lagi, 7 TKA Asal China di Surabaya Ditangkap Petugas Imigrasi, Aparat tak Diam!

0
loading...

TERASBINTANG.com – Penangkapan tersebut dilakukan oleh kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya sekira pukul 18.00 WIB, Rabu (28/12/2016). Mereka adalah WG, TY, LX, LJ, YC, WB, dan HJ.

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya, Agus Widjaya, para warga China tersebut ditemukan mengantongi izin tinggal kunjungan B211 dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beijing.

“Mereka memegang izin tinggal kunjungan B211 yang dikeluarkan di KBRI Beijing. Mereka mendarat di Bandara Juanda pada 21 November,” kata Agus kepada wartawan di kantornya, Rabu (28/12/2016).

Disampaikan dirinya, dari informasi yang ada, bahwa perusahaan yang bergerak dalam bidang besi dan baja tersebut ditemukan ada 23 TKA, semua berasal dari China. Namun 16 TKA memegang izin tinggal terbatas dan tujuh orang ini hanya memegang izin kunjungan saja.

Lebih lanjut, berdasarkan data yang dimiliki oleh Wadir Produksi perusahaan besi tersebut, ketujuh orang asing itu diduga sebagai teknisi mesin yang didatangkan dari perusahaan asal China. Perusahaan tersebut bekerja sama dengan satu perusahaan asal Cina untuk mendatangkan mesin produksi sejak 2 tahun lalu.

“Tapi tidak dilengkapi rekomendasi dari Kementerian Tenaga Kerja,” ungkapnya.

Sesuai pengakuan Wakil Direktur kepada petugas Imigrasi, tujuh warga negara asing yang didatangkan untuk memperbaiki dan memelihara mesin produksi. Dan terkait dengan informasi tersebut, Agus menegaskan masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Ditambahkan Agus lagi, jika pihaknya saat ini akan melakukan giat razia terhadap perusahaan-perusahaan, baik tempat hiburan, restoran, dan perusahaan lainnya yang mempekerjakan orang asing.

Sementara itu, untuk tujuh orang yang tertangkap oleh Kantor Imigrasi tersebut, Agus menyampaikan akan segera mendeportasi dan melakukan pencekalan datang lagi ke Indonesia. Hal ini lantaran mereka telah kedapatan menyalahgunakan visa kunjungan untuk bekerja.

loading...