Getir-Pahit Kehidupan Sandiaga Uno: Pengalaman PHK, Kesederhanaan, Hingga Kebangkitannya

0

TERASBINTANG.com — Kebangkitan itu tak jarang berawal dari kondisi sulit dan keterbatasan.

Inilah yang dialami Sandiaga S Uno, pengusaha muda yang kini berhasil menggenggam kesuksesan. Pria sederhana dan bersahaja ini harus terpaksa kehilangan pekerjaannya saat masih hidup serba sulit.

“Saya di-PHK oleh perusahaan yang mempekerjakan saya pada l997,” kata Sandiaga Uno, yang juga Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia.

Padahal saat itu, Sandiaga Uno sedang membutuhkan biaya besar untuk membiayai anaknya yang masih belia.

Namun demikian, pemutusan hubungan kerja (PHK) sama sekali tak menjadikan Sandiaga berputus asa. Justru dari keterpurukan tersebut ia mulai bangkit. Menjadi konsultan keuangan, lalu merambah peluang bisnis yang lainnya.

“Alhamdulillah saat ini lebih dari 50 ribu karyawan sudah bergabung dalam perusahaan yang saya kelola,” jelas Sandiaga Uno.

Meski sudah sukses dan punya uang, Sandiaga Unk tak lantas berperilaku ‘borju’. Pembawannya tetap kalem dan merakyat. Ia tetap menerapkan pola hidup sederhana dalam kehidupan sehari-harinya.

Sebut saja, untuk urusan makanan dan buah-buahan, istrinya, Nur Asia, tetap berbelanja di pasar tradisional. Bahkan untuk urusan fesyen pun, Sandiaga Uno tetap setia mengenakan baju-baju produk dalam negeri yang dipajang dan dijual dipasar tradisional.

Sandiaga Uno berprinsip bahwa hidup itu harus disyukuri apapun yang terjadi. Karena sesungguhnya Allah sudah menetapkan jalan hidup bagi setiap manusia. Tugas setiap manusia adalah menjalaninya sebaik mungkin.

Soal rezeki, ia mengatakan bahwa pada setiap rejeki kita sesungguhnya ada bagian dari orang miskin. Karena itu setiap ada kelebihan rejeki, Sandiaga Uno tak pernah lupa untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

Melalui kegiatan Berlari Untuk Berbagi, Sandiaga Uno melakukan amalnya melalui hobi lari marathon. (fk)

KOMENTAR