Acara Bersepeda dengan Telanjang Bulat ini akan Diakhiri, Ini Alasannya

0

TERASBINTANG.com – Acara bersepeda dengan telanjang bulat yang bernama World Nake Bike Ride Day di Kota Melbourne, Australia akan diakhiri. Acara pada Minggu (28/2/2016) kemarin akan menjadi yang terakhir dari acara yang biasanya diselenggerakan rutin tiap tahun itu.

Padahal, acara itu baru digelar 10 kali di Melborne. Penyelenggara acara, Dallas Goldburg mengatakan, acara itu pada mulanya punya visi kemanusian, yaitu melawan efek negatif penggunaan bahan bakar minyak, energi tak terbarukan, kendaraan bermotor, dan konsumerisme serta peperangan.

Namun, kata dia, visi itu mulai bergeser. Diganti dengan semata keriuhan dan sensai.  “Kami melihat visi dari World Naked Bike Ride Day di Melbourne mulai bergeser dari tahun ke tahun,” kata Goldburg kepada The Age, seperti dikutip Huffington Post, Selasa (1/3/2016).

Biasanya, peserta mencapai ratusan. Ada 200an pesepeda, ada yang telanjang bulat tapi ada juga yang berpakaian supermini. Mereka bersepeda menempuh jarak 15 kilometer di sepenjang jalan dekat kawasan pantai St Kilda.

Saat ini, kata dia, banyak pesepeda yang tak hanya telanjang, tetapi juga mencoreti tubuh mereka dengan pesan-pesan berbau masalah sosial, politik, lingkungan, nudisme, hingga keselamatan berkendara bagi pesepeda.

“Bersepeda dan gerakan bersepeda adalah full time job, bukan hanya setahun sekali. Selain itu, keriuhan dalam ajang ini pun menjadi pertimbangan kami,” jelasnya.

“Hal itu merupakan jalan terbaik untuk mempertahankan kebanggaan kami sekaligus bahaya yang kami hadapi sebagai pesepeda,” sambungnya. (SUM)

KOMENTAR