Akibat Hubungan Seks Sebelum Umur 17 Tahun

0

TERASBINTANG.COM – Hubungan seks merupakan kebutuhan biologis yang harus dipenuhi, tapi bukan untuk dipenuhi oleh remaja dibawah usia 17 tahun. Hubungan seks minimal dilakukan oleh wanita yang berusia 17 tahun, dan lebih baiknya lagi di usia 20 tahun ke atas.

Wanita berusia 12 hingga 16 tahun atau kurang dari 17 tahun, saat itu mengalami perubahan sel dalam mulut rahim, dan tidak boleh ada kontak dari luar yang masuk ke dalam, benda apa pun termasuk juga penis dan sperma karena dapat menyebabkan perkembangan seks menjadi abnormal.

Sel abnormal di mulut rahim ini bisa menyebar hingga ke vagina, uterus, ovarium, tuba fallopi, ginjal, paru-paru, lever, tulang bahkan sampai otak. Jika sudah menyebar, sel kanker ini bisa menyebabkan kematian.

Alat reproduksi wanita muda sangat rentan dan mudah mengalami luka saat berhubugan seksual di usia dini. Luka pada organ intim inilah yang memudahkan virus kanker masuk dan nantinya dapat menyebabkan kanker serviks.

Wanita yang terkena kanker serviks adalah mengalami pendarahan saat tidak sedang haid. Keputihan yang berbau hingga berulang-ulang. Mengetahui kanker serviks sejak dini, dirasa sangat perlu untuk para wanita agar dapat mengurangi resiko terkena kanker serviks. (eh)

loading...