Alasan Keamanan, Polri Masih Pertimbangkan Tempat untuk Sidang Kasus Ahok

0
loading...

TERASBINTANG.com – Informasi mengenai tempat yang akan digunakan untuk persidangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok masih simpang siur. Hal ini berkaitan dengan pengamanan aparat dalam mengawal sidang tersebut, mengingat sidang tersebut akan menyedot perhatian banyak orang.

“Untuk tempat sidang Ahok (yang digelar oleh PN Jakarta Utara) ini masih dipertimbangkan beberapa alternatif tempat,” kata Karo Penmas Polri Kombes Rikwanto di Mabes Polri Rabu (7/12).

Sejumlah tempat yang masuk pertimbangan adalah Kemayoran, Cibubur, dan tempat lainnya

Itu karena gedung PN Jakut sedang direnovasi dan awalnya sidang akan digelar menumpang di bekas PN Jakpus di Jalan Gajah Mada. Namun karena lokasi itu dekat dengan lokasi bisnis dan istana, sementara sidang diperkirakan akan menyedot banyak pengunjung, maka polisi sedang mencari alternatif tempat.

“Itu berkaitan dengan akan ada banyak pengunjung yang lihat langsung. Pengadilan yang menentukan tempat dan akan koordinasi dengan Polri. Kalau sudah ditetapkan akan direncanakan kemanan supaya lancar,” sambungnya.

Selama ini, pemindahan lokasi sidang karena alasan keamanan sudah sering terjadi. Contoh sidang Abu Bakar Ba’asyir pada 2011 lalu yang dipindah ke Kementerian Pertanian (Kementan) dengan alasan massa pendukung Baasyir akan membludak, tidak seimbang dengan kondisi ruangan sidang pengadilan.

Sidang pertama Ahok dijadwalkan berlangsung Selasa (13/12) di mana tuntutan akan disampaikan di depan majelis hakim yang terdiri dari lima orang.

loading...