Amankan Aksi 55, Tak Ada Pengerahan Personel Polisi dari Daerah

0
loading...

TERASBINTANG.com – Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto mengatakan tidak ada pengerahan personel polisi dari daerah untuk mengamankan aksi massa GNPF MUI yang akan berlangsung pada Jumat (5/5/2017) besok. Alasannya, personel Polda Metro Jaya dinilai mampu menangani aksi 55 tersebut.

“Sampai saat ini (Polda Metro) masih siap untuk menghadapi istilahnya mengamankan dan melayani aktivitas kegiatan masyarakat yang terjadi,” kata Setyo di Kantor Divisi Humas Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (4/5/2017).

Namun, jika ada kejadian yang tak diinginkan pada aksi 55 nanti, Polda Metro Jaya bisa meminta bantuan pasukan polisi Polda Jawa Barat dan Polda Banten. Pasukan Mabes Polri juga bisa membantu Polda Metro Jaya.

“Kita memperkirakan kalau butuh bantuan Polda-polda terdekat digeser ke Polda Metro. Manakala bisa ditangani Polda Metro mungkin hanya Polda Metro dibackup Mabes Polri,” ujar dia.

Mabes Polri sendiri belum menerima laporan aksi 55 dari Polda Metro Jaya, sehingga pihaknya belum mengetahui lokasi untuk aksi 55 itu.

“Sampai sekarang saya belum dapat informasi tentang pemberitahuan kepada Polda Metro Jaya satuan wilayah polri tempatnya yang akan digunakan untuk unjuk rasa, sampai sekarang belum dapat infonya,” kata dia.

Sedangkan indikasi makar dalam aksi 5 Mei, kata dia pihaknya belum mendapatkan informasi tersebut. “Tidak harus makar, sampai sejauh ini belum dapat informasi mengarah kesana (makar),” tutup dia.

loading...