Anak Buah SBY Tuduh Jokowi Lindungi Ahok, Ini Kata Pengamat

0
loading...

TERASBINTANG.com – Benny K Harman, salah seorang anak buah Susilo Bambang Yudhoyono yang juga anggota DPR RI Fraksi Demokrat kemabli melayangkan tuduhan miring dan fitnah keji seputar kasus Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Dia menuduh Presiden Joko Widodo melindungi Ahok dalam berbagai kasus.

“Jika Tidak Dilindungi Jokowi, Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) Sudah Masuk Bui,” kata Benny dalam sebuah diskusi. Namun Karman tak menjelaskan secara detail Jokowi melindungi Ahok dalam kasus apa.

Menanggapi tudingan tersebut, pengamat politik Madjid Politika, Agung Sholihin, menilai pernyataan Benny mengandung motif politik, bukan murni soal penegakan hukum. Menurutnya, kasus hukum diputuskan melalui mekanisme pengadilan, bukan disimpulkan di ruang diskusi publik.

“Ini saya kira pernyataan politis, bukan soal penegakan hukum. Kalau kasus hukum, penyelesaiannya di lembaga penegak hukum dong. Kalau ada yang dirasa janggal dalam proses-proses penegakan hukum, ada mekanisme hukumnya juga, bukan main tuduh sana-sini untuk menciptakan opini,” katanya kepada terasbintang.com.

Terkait dengan kasus yang selama ini dituduhkan Ahok, Agung menilai hal itu sangat biasa. Apalagi ini adalah momentum politik. “Semua orang bisa ngomong, menduga-duga, saling lapor. Itu biasa. Masalahnya, dia bisa gak buktikan Ahok benar-benar korupsi. Kalau cuma mau nuduh ya siapapun bisa. Ini kan cuma propaganda saja.”

Menurut Agung, kasus penistaan agama yang sudah menetapkan Ahok sebagai terdakwa, justru menunjukkan independensi penegakan hukum dari intervensi presiden. “Justru tekanan publik dalam kasus Ahok lah yang menurut saya adalah bagian dari intervensi penegakan hukum. jadi logikanya jangan dibolak-balik dong,” katanya.

loading...