Pengamat: Demonstran 4 November Banyak Mundur Pada Demo 2 Desember

0

TERASBINTANG.com — Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti menilai, demo yang akan digelar pada 2 Desember nanti massanya tidak sebesar demo pada 4 November lalu. Penetapan Ahok jadi tersangka kasus dugaan penistaan agama dan proses hukum yang sedang berjalan dinilai mampu meredam aksi demo 212.

“Puncaknya sudah 4 November lalu. Saat itu bukan hanya isu penistaan agama, tapi masih ada asumsi kekuatan politik yang melindungi Ahok. Itu yang mungkin menggerakkan aksi mereka,” kata Ray Rangkuti di Jakarta, Senin (28/11/2016).

Sebaliknya demonstran demo 4 November lalu sekarang berbalik mengkritik para inisiator demo 2 Desember. Mereka mencium adanya motif lain di balik aksi massa ini dan tidak murni terkait dugaan penistaan agama oleh Ahok.

Ray mengatakan, banyak kelompok di tanggal 4 November lalu ikut demo memilih untuk mengundurkan diri tidak ikut demo 2 Desember.

“Mengundurkan diri untuk ikut adalah sinyal kuat bahwa aksi itu tidak ada lagi relevansinya. Saya kurang tahu pasti jumlahnya, tapi lebih dari separuh organisasi yang ikut kemarin mundur,” katanya.

KOMENTAR

loading...