Anggota yang Membelot Bocorkan 22 Ribu Dokumen: Anggota ISIS Berasal dari 51 Negara Lebih

0

TERASBINTANG.com – Seorang anggota Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang membelot melakukan aksi yang tak diduga-duga. Dia dengan berani membocorkan 22 ribu dokumen penting tentang anggota ISIS ke salah satu media Inggris bernama Sky News.

Dokumen itu berisi nama-nama, alamat, nomor telepon dan daftar kontak keluarga para anggota ISIS.

Dalam laporannya, Sky News, menjelaskan bahwa sekitar 22 ribu dokumen ada di dalam sebuah memory card yang dicuri dari pihak keamanan ISIS atau yang disebut polisi keamanan internal ISIS.

Dokumen itu berisi informasi tentang anggota ISIS yang sedikitnya berasal dari 51 negara. Dalam dokumen itu, profil anggota dari negara-negara itu tertulis dengan jelas.

Dalam situs resminya, Sky News menulis “Sky News telah memberi informasi ini kepada otoritas terkait.”

Sementara itu, Direktur Pelaksana Konsultan Pemberantasan Terorisme pada Kantor Persiapan dan Perlindungan Keamanan Internasional, Chris Phillips, kepada AFP mengatakan, dokumen itu sangat berarti bagi pemerintah.

“Ini bisa menjadi kemajuan besar. Ini menunjukkan bagaimana ISIS sangat rawan dari orang-orang yang membelot… Potensi dinas keamanan untuk mengidentifikasi teroris tak dikenal kini sangat besar,” kata Philip.

“Memahami bagaimana orang-orang bepergian dan siapa yang merekrut mereka, menjadi kunci penting mengurangi orang-orang pergi (berjihad) di masa depan,” imbuhnya. (SUM)

KOMENTAR

loading...