Artidjo Alkostar, Hakim Agung Tak Mempan Disogok

0

TERASBINTANG.com– Artidjo Alkostar menyelesaikan masa jabatannya sebagai hakim agung dengan sangat baik. Sepanjang menjadi hakim agung, Artidjo merampungkan sebanyak 19.708 perkara di Mahkamah Agung. Pria 70 tahun ini mampu menyelesaikan 1.095 perkara setiap tahunnya selama 18 tahun.

Sosok Artidjo Alkostar dikenal sangat sederhana hidupnya dan pantang menerima suap selama bertugas menjadi hakim agung. Koruptor yang naik banding ke Mahkamah Agung bukannya dikurangi hukumannya, tapi malah diperberat olehnya.

Artidjo Alkostar sempat mau disuap pada tahun 2000-an diminta nomor rekening atau dipersilakan mengisi cek sesuka hatinya. Meski tawawan itu cukup menggiurkan bagi yang tidak kuat godaan, tapi dia tetap tidak mau.

“Sewaktu jadi hakim agung tahun 2000, ada misalnya pengusaha ini, ini, ini (mencoba menyuap). Saya tersinggung, saya bentak orang itu supaya keluar,” ujar Artidjo.

Kepada pengusaha yang mau menyuapnya Artidjo mengatakan dirinya terhina. “Saya bilang sama dia, ‘saya terhina dengan perkataan saudara’,” ujarnya.

 

loading...