AS: Santoso Masuk dalam Daftar Teroris Global

0

TERASBINTANG.com – Otoritas Amerika Serikat (AS) memasukkan teroris asal Indonesia, Santoso ke dalam daftar teroris global. Seperti dilansir Reuters, Rabu (23/3/3026), Departemen Luar Negeri (Deplu) AS menyatakan Santoso telah dimasukkan ke dalam daftar teroris global atau Specially Designated Global Terrorists (SDGT).

“Sebagai dampak dari penunjukan ini, seluruh properti dalam yurisdiksi AS yang terkait dengan Santoso diblokir dan semua warga AS dilarang terlibat transaksi apapun dengan Santoso,” demikian pernyataan Departemen Luar Negeri AS.

Santoso yang berasal dari Poso, Sulawesi Tengah, ini sudah 3 tahun terakhir diburu polisi. Santoso disebut sebagai pemimpin Mujahidin Indonesia Timur (MIT), yang bertanggung jawab atas sejumlah pembunuhan dan penculikan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Masuknya Santoso Dalam daftar SDGT itu menjadi kode tertrutupnya semuaa akses terkait dengan teroris Santoso di dunia internasional. “Langkah ini menjadi pemberitahuan kepada publik AS dan komunitas internasional bahwa Santoso secara aktif terlibat terorisme,” demikian disampaikan Deplu AS. (Rs)

KOMENTAR