Atasi Penurunan Harga Karet, Ini Solusi Pemerintah

0

TERASBINTANG.com – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menawarkan sejumlah solusi untuk mengatasi penurunan harga karet akhir-akhir ini. Salah satunya adalah membuka pasar dalam negeri, pekerjaan umum, industri, perhubungan, dan BUMN untuk menyerap pasokan karet domestik.

“Ini menjadi solusi pemerintah karena ekspor dibatasi sehingga buka pasar dalam negeri dengan total 500 ribu ton. Artinya sudah tertutupi yang dibatasi 228 ribu ton. Jadi ke depannya harga karet naik,” jelas Amran, di Palembang, Rabu (23/3).

Kedua, replanting atau peremajaan tanaman karet yang membutuhkan jangka waktu dari lima sampai dengan tujuh tahun. Peremajaan ini akan menggunakan pinjaman dari perbankan melalui mekanisme Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang memiliki bunga rendah.

Ketiga adalah melakukan kewajiban adanya tanaman sela yang mendukung program akselerasi untuk jagung, kedelai dan padi. Selain menanam karet, petani juga menanam jagung, kedelai, dan padi untuk menutupi turunnya pendapatan karena harga karet anjlok.

“Saat transisi tanam tahunan butuh satu hingga lima tahun ini kita berikan bantuan benih dari pemerintah gratis ke petani. Mudah-mudahan tahun ini selesai, karena rapat bersama perindustrian sudah dua minggu lalu. Kita terapkan secepatnya,” pungkas dia. (fk)

KOMENTAR