Bahayakan Masyarakat, Polisi Tangkap Produsen Obat Kuat Pria

0

TERASBINTANG.com – Aparat Direktorat Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri menangkap produsen jamu dan obat antibiotik ilegal di daerah Cilacap Jawa Tengah. Produsen itu bernama Aris Purnomo.

Saat melakukan penggeledahan di rumah Aris, polisi menyita bahan baku dan mesin untuk membuat jamu dan obat ilegal. Beberapa jenis jamu ilegal yang disita, ternyata jamu khusus “pria dewasa” alias obat kuat dengan beberapa nama merek.

“Di rumah tersebut didapati obat antibiotik palsu dan jamu yang mengandung bahan kimia obat yang sangat membahayakan karena pembuatannya tidak ada izin dan tidak memenuhi standar kesehatan,” kata Nugroho di kantor Direktorat Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri, Cawang, Jakarta Timur, Senin (7/3/2016).

Penggeledehan di rumah Aris itu bermula dari laporan warga tentang adanya peredaran jamu ilegal di pasaran. Setelah dicek dan sampelnya diperiksa ke BPOM, diketahui bahwa jamu dan antibiotik itu mengandung bahan kimia obat (BKO) yang berbahaya.

Padahal jamu, menurut dia, tak boleh mengandung BKO. Penyelidikan pun mengerucut pada rumah produksi jamu dan antibiotik ilegal milik Aris Purnomo, di Cilacap, Jawa Tengah.

Tersangka menurut Nugroho, telah beroperasi sekitar empat tahun. Namun, belum ada laporan apakah obat dan jamu yang diproduksi pelaku yang berlatar belakang tukang jamu itu telah menimbulkan korban.

Polisi menyatakan masih menyelidiki toko-toko yang menadah dan menjual jamu dan obat ilegal dari tersangka Aris.

“Pasti kita dalami dan akan kita sita. Jangan sampai masyarakat yang menjadi korban,” kata Nugroho.

Tersangka dikenakan pasal 197 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan subsider Pasal 196 Undang-Undang RI Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.  Ancaman pidananya penjara 15 tahun dengan denda Rp 1,5 miliar. (SUM)

KOMENTAR

loading...