Bakal Banding Gugatan Izin Reklamasi, Ini Alasan Pemprov DKI

0
loading...

TERASBINTANG.con – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan banding atas kekalahannya di PTUN Jakarta terkait gugatan izin reklamasi Pulau I, F dan K. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengungkapkan beberapa alasan pangajuan banding tersebut.

“Pertama, (di pengadilan) yang lalu memang tidak dilengkapi atau ada dokumen yang tercecer terkait tata ruang atau zonasi,” ujar Sumarsono di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (20/3/2017). Pada sidang banding nanti, Pemprov DKI akan melengkapi dokumen terkait tata ruang itu.

Alasan kedua, lanjut Soni, sapaan akrab Sumarsono, pengadilan tidak pernah menyinggung soal AMDAL (analisis mengenai dampak lingkungan) yang telah disosialisasikan Pemprov DKI. Nantinya, Pemprov DKI akan menyampaikan bahwa AMDAL telah dilakukan dan sudah disosialisasikan.

“Ketiga, mengenai kewenangan, gubernur dengan tegas memiliki kewenangan untuk membuat kebijakan itu,” ujar Sumarsono.

Sumarsono mengakui Pemprov DKI belum menunjukkan tiga hal itu pada persidangan pertama sehingga mereka kalah.

“Pada proses yang tahap pertama, betul dokumen itu kurang lengkap atau kurang terpresentasikan dengan baik,” ujar Sumarsono.

Dengan bekal dokumen itu, Sumarsono berharap Pemprov DKI bisa meluruskan duduk permasalahan izin reklamasi ini pada saat banding. Sumarsono memastikan izin yang dikeluarkan Pemprov DKI masih dalam koridor hukum.

“Tidak mungkin Pemprov buat sebuah kebijakan asal-asalan, pasti ada dasar yang kuat,” ujar Sumarsono.

loading...