Bangun Tempat Pengolahan Sampah, WALHI Desak Pemprov DKI Gunakan Teknologi Canggih Ramah Lingkungan

0

TERASBINTANG.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan segera membangun tempat pengolahan sampah di sejumlah titik yang telah ditentukan.

Selain untuk mengatasi permasalahan sampah di DKI Jakarta, pembangunan tempat pengolahan sampah atau lebih dikenal dengan sebutan Intermediate Treatment Facility (ITF) juga diyakini akan sangat bermanfaat untuk menambah kuota energi. Karena sampah-sampah yang ada akan diolah menjadi energi listrik.

WALHI angkat bicara tentang isu ini. Kalau proyek tersebut mau dibangun, seharusnya Pemprov DKI menggunakan teknologi canggih ramah lingkungan.

Namun jika teknologi yang digunakan tidak terlalu canggih dan tidak ramah lingkungan, WALHI tegas memberikan penolakan karena berdampak sangat berbahaya bagi lingkungan.

“Kalau pakai tekhnologi seperti itu yaitu generator atau pembakaran, kami sangat tidak setuju karena dampaknya juga sangat berbahaya untuk  lingkungan,” kata pengurus WALHI Jakarta, Puput TD Putra, saat berbincang dengan Terasbintang.com, Rabu (2/3).

Lebih lanjut dikatakan Puput TD Putra, sudah bukan jamannya lagi menggunakan teknologi dengan sistim pembakaran. Terlebih diterapkab di DKI Jakarta dengan jumlah penduduk sangat padat.

“Generator atau pembakaran menjadi tenaga listrik yang sempat dinyatakan mau ditempatkan di sunter itu tidak efektif karena sampah yang ada di Jakarta rata-rata itu kan sampahnya rumah tangga. Itu lebih banyak mengandung sisi airnya atau lebih banyak mengandung cairan, sampah yang dibakar itu akan mengeluarkan asap yang banyak,” paparnya lebih lanjut. (Wa)

KOMENTAR