Bantah Ahok Soal Mahar Politik, Ini Reaksi PKB

0

TERASBINTANG.com – Sejumlah politisi menanggapi pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bahwa maju dalam Pikada lewat parpol lebih mahal ketimbang independen. Sekjen PKB, Abdul Kadir Karding menegaskan, tak ada mahar politik di partainya.

“PKB nggak ada mahar politik. Silakan nanti calon sendiri yang bicara, kita bergotong royong. Nanti dibahas antara calon dengan kita apa yang dia bisa dan kami bisa,” ujar Karding di Kantor DPP PKB, Jl Raden Saleh, Jakarta Pusat, Jumat (11/3).

Namun, Kardig menyatakan wajar jika ada deal-deal khusus antara partai dengan sang calon. “Deal tertentu wajar dalam politik. Itu biasa. Jakarta mau diapain bisa jadi deal. Mau fokus di mana bisa jadi deal. Misal minta kesejahteraan guru-guru madrasah ditingkatkan bisa jadi deal,” terang Karding.

Sebelumnya, Ahok mengatakan jalur parpol lebih mahal ketimbang jalur independen. Menurut Ahok, parpol harus keluar uang untuk menggerakkan mesin partai sampai ke tingkat ranting.

Namun Ahok membantah bila dua partai yang pernah mengusungnya, yakni PDIP dan Gerindra, pernah meminta setoran uang. Ahok menegaskan bahwa PDIP tidak meminta mahar, tetapi memang ada uang yang disetor.

“Enggak ada keluar duit. Aku cuma keluar Rp 75 juta. Setor ke rekening gabungan pas baru buka,” ujar Ahok di RSUD Budhi Asih, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (11/3). (fk)

KOMENTAR

loading...