Bantah Argumentasi Polisi soal Praperadilan Jessica Salah Alamat, Pakar Ini Emosional dan Ngawur

0

TERASBINTANG.com – Tim Kuasa Hukum Jessica Kumala Wongso terus berupaya melawan kepolisian yang sudah menetapkan kliennya itu sebagai tersangka dalam kasus kematian Wayan Mirna Solihin. Menariknya, perlawanan itu dilakukan dengan tidak memerhatikan sasaran yang tepat.

Seperti diketahui, kasus kematian Mirna ditangani oleh Polda Metro Jaya. Tetapi pada permohonan praperadilan Jessica Kumala Wongso di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta, yang dijadikan termohon adalah Polsek Tanah Abang.

Atas salah sasaran itu, Kuasa hukum dari Polsek Tanah Abang AKBP Aminullah mengatakan, tim kuasa hukum Jessica salah alamat dalam menetapkan termohon. Karena itu, sidang praperadilan akan menjadi sia-sia.

” Yang menjadi termohon dalam praperdilan ini kan Polsek Tanah Abang. Padahal di sisi lain, tidak dilakukan upaya hukum yang dibilang pemohon soal Polsek Tanah Abang. Kan itu di Polda,” kata Aminullah di PN Jakarta Pusat, belum lama ini.

Namun, tim kuasa hukum Jessica tetap tak mau kalah. Pada sidang Kamis (25/2) kemarin, mereka mendatangkan saksi ahli, Abijoto. Dalam kesaksiannya, Arbijoto menyebut bahwa tidak masalah gugatan dilayangkan pada Polsek Tanah Abang. Sebab, kata dia, institusi kepolisian itu hirarkis.

”Polsek itu kan secara organisasi ada pada unsur selanjutnya, sehingga itu yang namanya unsur vertikal,” kata ahli pidana dari Fakultas Hukum Universitas Trisakti Ardiyoto di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (25/2).

Jelas pernyataan ini ngawur. Institusi kepolisian memang hirarkis. Tapi, institusi yang dibawah tidak bisa menanggung kasus yang diatasi di lembaga di atasnya. Itu, berlaku bagi semua organisasi manapun yang punya kelembagaan hirarkis.

Sebaliknya, kata kuasa hukum Polsek Tanah Abang Aminullah, lembaga di atasnya bisa menanggung perkara yang ditangani lembaga di bawahnya.

“Kita hanya jawab perbuatan hukum yang dilakukan Polsek Tanah Abang. Kesimpulan, tanggung jawab perbuatan hukum di Polda itu tidak bisa diambil oleh satuan di bawahnya. Kecuali sebaliknya, Polsek Tanah Abang yang tanggung jawab Polda,” jawab Aminullah. (SUM)

KOMENTAR