Bawaslu Dukung Wacana Pembentukan Peradilan Pemilu

0

TERASBINTANG.com – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad mendukung adanya wacana pembentukan lembaga peradilan pemilu dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang Pemilu. Menurutnya, keberadaan lembaga peradilan pemilu di Indonesia memang sangat penting.

“Itu sangat penting ya. Tapi kami belum lihat gairah diskusinya di tempat lain. Saya kira baru Bawaslu saja yang asyik mendiskusikan itu,” kata Muhammad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Selama ini, peradilan pemilu di Indonesia masih diserahkan ke Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut Muhammad, pelimpahan pada dua institusi itu masih kurang optimal, sebab masing-masing lembaga belum memiliki kesamaan cara pandang dalam menangani peradilan pemilu.

“Masih belum saling support soal keputusannya, mekanisme, tata beracaranya. Kalau sudah ada lembaga peradilan pemilu saya rasa akan semakin terorganisir,” ujar Muhammad.

Terkait format kelembagaannya, Muhammad menyatakan nantinya di dalam ada beberapa opsi. Salah satunya, menambahkan fungsi peradilan kepada Bawaslu.

“Kalau sudah ada lembaga Bawaslu lalu ditransformasi menjadi lembaga peradilan itu juga bagus. Nanti fungsi pengawasan bisa tetap di Bawaslu atau kembali ke masyarakat,” lanjut dia.

loading...