Begini Cara Bandung Berantas Korupsi, Ridwan Kamil: Bukan Heboh-heboh Enggak Jelas

0

TERASBINTANG.com – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menegaskan bahwa Bandung punya cara sistematis dalam memberantas korupsi. Bukan hanya heboh tidak jelas, tapi betul-betul berlandaskan pada pemberantasan yang sistematis.

Salah satunya adalah dengan membentuk forum pemantau zona integritas lingkungan pemerintahan Kota Bandung. Tugas forum tersebut layaknya KPK namun ruang lingkupnya Kota Bandung.

“Korupsi ini kan masalah besar, hanya Bandung cara (mengatasinya) sistematis. Bukan heboh-heboh enggak jelas. Kenapa udah ada kejaksaan tapi KPK dibentuk, itu menunjukkan ada urgensi penguatan di sisi itu. Kita juga ada inspektorat, tapi kan PNS, ini tim independen,” kata pria yang akrab disapa Emil itu usai melantik jajaran forum zona integritas di Auditorium Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat (1/4/2016).

Forum tersebut terdiri dari unsur media, akademisi, aktivis masyarakat, swasta, transparansi internasional dan komunitas.

“Tugasnya mirip KPK juga. Ada pencegahan, pendidikan, tapi bagian penindakannya tidak ada. Karena tidak ada payung hukumnya. Mereka melaporkan ke saya dan inspektorat juga,” imbuhnya.

Forum itu, kata Emil, berada langsung dalam kendali dirinya. Jadi, kata dia, meskti tak punya kewenangan penindakan, bisa langsung ditindaklanjuti oleh dirinya sebagai Wali Kota.

“Laporannya rutin ke saya. Mereka diberi akses mendatangi, membuka data, menerima laporan, ya jiga KPK kitu we kumaha,” pungkasnya. (SUM)

KOMENTAR