Berhasil Tangkap Tahanan Kabur Tanpa Sokongan Data dari Rutan, Bagaimana Strategi Polisi?

0
loading...

TERASBINTANG – Pihak kepolisian berhasil menangkap kembali 209 tahanan yang kabur dari Rutan Sialang Bungkuk, meski pihak rutan miskin data identitas napi. Apa rahasia keberhasilan polisi menangkap tanpa sakongan data dari Rutan?

Kepala Kepolisian Resor Kota Pekanbaru Kombes Pol Susanto mengatakan, Kepolisian mengandalkan insting untuk menangkap para tahanan tersebut.

“Kita sebenarnya buta karena tidak ada data tahanan yang kabur. Namun, karena polisi sudah terlatih menangani ini, kita gunakan naluri dan insting,” kata katanya di kompleks Rutan Klas IIB di Jl. Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Sabtu (6/5).

Ia mengatakan sejak insiden kerusuhan dan kaburnya ratusan tahanan di Rutan Sialang Bungkuk pada Jumat (5/5), sampai kini rutan belum mengeluarkan data mengenai jumlah maupun identitas tahanan.

“Insting dari polisi akan bisa melihat tahanan yang kabur itu biasanya mereka panik, tidak pakai sendal, tidak ada KTP. Polisi juga banyak dibantu informasi dari warga,” kata Susanto menjelaskan cara kerja polisi dalam memburuh para tahanan.

Kemudian, polisi akan melakukan pengecekan silang kepada pihak rutan dan tahanan yang tidak kabur untuk memastikan yang ditangkap benar tahanan. “Supaya jangan sampai salah tangkap,” katanya. (SUM)

loading...