Besok, Polisi Gelar Perkara Terbuka Terbatas Kasus Ahok

0

TERASBINTANG.com — Kepala Bareskrim Polri Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto mengatakan, polisi akan melakukan gelar perkara terkait kasus dugaan penistaan agama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Selasa (15/11/2016) besok. Gelar perkara terbuka terbatas akan dilaksanakan di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri.

Proses penyelidikan seharusnya tertutup. Namun demi profesionalitas dan teansparansi, polisi mengambil keputusan melaksanakan secara terbuka apakah ada tindak pidana pernyataan Ahok di Kepulauan Seribu atau tidak.

“Karena situasi dan keinginan dari pihak-pihak atas suatu keterbukaan, maka kegiatan gelar perkara penyelidikan kami laksanakan secara terbuka terbatas,” kata Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto.

Ari memastikan gelar perkara akan dilakukan secara transparan dengan melibatkan pihak-pihak berkepentingan. Namun jumlah orangnya akan dibatasi karena terbatasnya kapasitas ruangan.

Gelar perkara akan dihadiri pihak internal dan eksternal. Dari internal, Bareskrim mengundang Divisi Hukum serta Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri. Sementara dari pihak eksternal, Bareskrim mengundang Ombudsman dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Lebih jauh dikatakannya, pihak pelapor dan terlapor juga dihadirkan dalam gelar perkara kasus Ahok. Namun media dilarang melakukan liputan live.

“Media saat pembukaan kami perkenankan untuk meliput bagaimana situasi dan kondisi ruangan. Kemudian setelah pembukaan, media baru keluar,” kata Ari.

KOMENTAR

loading...