Bisnis Startups Akan Dapat Penyertaan Modal dari Pemerintah

0
loading...

TERASBINTANG.com – Pemerintah saat ini tengah merancang aturan terkait penyertaan modal bagi starups industri kreatif didgital. Penyertaan modal ini dimaksudkan agar industri kreatif digital di Indonesia dapat berkembang lebih cepat.

“Di Thailand, nilai penyertaan ke startups yang disediakan pemerintah negara itu sebesar Rp 7 triliun. Presiden berpesan agar nilai penyertaan di Indonesia bisa lebih besar dari itu,” ujarMenteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di sela-sela pembukaan acara Bekraf Developer Day di Bogor, Sabtu (18/3/2017).

Pola penyertaan pemerintah, kata Rudi, saat ini telah dijalankan pada Universal Service Obligation (USO) pada industri telekomunikasi.

Sementara itu, Kepala Badan EKonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengungkapkan pemerintah sangat memberi perhatian terhadap perkembangan industri kreatif di bidang digital.

Perhatian pemerintah itu tidak lepas dari besarnya jumlah penduduk Indonesia yang mengakses internet dan pengguna smartphone. Tercatat, sekitar 132 juta jiwa telah mengakses internet dari total populasi sebanyak 257 juta jiwa. Sementara itu jumlah penduduk yang telah memiliki smartphone mencapai sekitar 103 juta jiwa.

“Pangsa industri digital di Indonesia sangat besar, namun sejauh ini produk digital dari luar negeri mendominasi pasar di Indonesia. Karena itu, acara ‘Bekraf Developer Day’ yang dilaksanakan ini menjadi sarana bagi para startups agar bisa berkembang dan bisa berkompetisi dengan para developer asing,” kata Triawan.

loading...