Bupati Simalungun Ajak Pramuka Kembangkan Semangat Kerelawanan

0

TERASBINTANG.com – Bupati Simalungun Jopinus Ramli (JR) Saragih menghadiri Musyawarah Cabang Tahun 2016 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Simalungun di Hall Simalungun City Hotel, Rabu (22/06). Kehadiran JR sempat mengejutkan karena Ketua Majelis Pembimbing Pramuka Simalungun itu sebelumnya dikabarkan berhalangan dan sedang sibuk menjalankankan tugasnya sebagai bupati.

“Secara pribadi saya meminta maaf atas keterlambatan saya sehingga diwakili oleh kepala dinas parawisata. Karena ada sesuatu hal yang tidak bisa saya tinggalkan. Tetapi saya berusaha untuk hadir dalam acara ini karena saya bertanggung jawab. Dan kecintaan saya terhadap pramuka, sama seperti semangat pramuka yang hadir di sini,” kata JR mengawali sambutannya.

Pada kesempatan itu, JR juga mengenang masa-masa dirinya aktif di pramuka. Saat itu, kata JR, pramuka menjadi pelopor gerakan kerelawanan. Ia selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, membantu dan memberdayakan.

“Pramuka mengingatkan saya 15 tahun yang lalu di mana pramuka begitu harum namanya. Pramuka sebagai simbol dari negara kita. Dulu selalu ada di setiap bencana. Dalam suka ataupun duka, itu pasti ada pramuka,” tuturnya.

Menurut JR, semangat kerelawanan seperti itu, harus terus dirawat dan dikembangkan. Kerelawanan menggerakkan anggota pramuka untuk melakukan kerja-kerja bagi perubahan sosial dengan tulus, tanpa pamrih, dan kepentingan individu. Semangat itulah, kata JR, yang bisa membuat bangsa ini maju. “Oleh karena itu mari jadikan pramuka jadi jati diri bangsa,” tegas JR.

Dengan semangat itu pula, JR yakin, pramuka akan kembali jaya. Lambang tunas kelapa sebagai lambang pramuka itu, kata JR, artinya adalah pramkua selalu yang pertama dalam meneruskan perjuangan bangsa dan negara.

“Kedepan pramuka kembali jaya dan menjadi terang. Sehingga kedepan bisa membantu pemerintah khususnya bidang pelayanan. Bagaimana melayani masyarakat kita, dan kembali menjadi jati dirinya untuk mencintai merah putih dan mencintai NKRI. Untuk itu pramuka harus mengambil bagian di tengah tengah republik Indonesia melalui kabupaten Simalungun,” jelas peraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif dari Koran Sindo ini. (SUM)

KOMENTAR

loading...