Calon Independen Dipersulit, Ketua MPR:, Rakyat yang Dirugikan

0

TERASBINTANG.com – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menolak syarat majunya calon independen di Pilkada diperberat. Alasan tersebut karena dikhawatirkan malah muncul calon tunggal dan masyarakat tak punya pilihan.

“Kalau dipersulit, calon cuma satu rakyat tentu dirugikan. Karena tidak ada pilihan, kalau pilihannya banyak kan masyarakat kita punya alternatif-alternatif (pilihan),” Kata Zulkifli saat ditemui usai sosialisasi empat pilar MPR RI di kantor Bupati Kabupaten Lampung Selatan, Bandar Lampung Kamis (17/3/2016).

Menurut Zulkifli, syarat calon independen atau calon perseorangan untuk mengumpulkan dukungan sebanyak 6,5 sampai 10 persen dari jumlah pemilih tetap sudah sesuai. “Sudah ideal presentase segitu,” sebutnya.

Terkait revisi UU Pilkada, Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo mengatakan pemerintah belum menyetujui rencana memperberat syarat calon independen itu. Menurut Pramono ketentuan calon independen di UU Pilkada belum mendesak untuk direvisi.

“Pada prinsipnya pemerintah menganggap UU 8 tahun 2015 kemarin yang mengatur calon independen itu sudah cukup baik,” kata Pramono Anung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/3). (Rs)

KOMENTAR