Calon Tunggal Kapolri, Tito Karnavian Potong Tiga Generasi

0

TERASBINTANG.com — Ketua DPR Ade Komarudin mengatakan Komjen Pol Tito Karnavian sangat cocok menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Polisi Badrodin Haiti yang masuk masa pensiun.

Ade Komarudin menilai Tito Karnavian memiliki prestasi cemerlang di kepolisian.

“Kenaikan pangkat tersebut merupakan prestasi cemerlang (Tito). Prestasi oke, hebat dan dipastikan tidak ada calon lain,” kata Ade Komarudin di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2016).

Presiden Jokowi melalui Mensesneg mengajukan Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR yang diberikan kepada Ade Komarudin langsung, tidak melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR.

Prestasi Komjen Tito Karnavian yang bagus membuat mantan Kapolda Metro Jaya direkomendasikan Presiden Jokowi sebagai Kapolri. Jika Tito Karnavia terpilih jadi Kapolri, dia memotong tiga generasi di atasnya.

“Semua rakyat Indonesia tahu track record beliau. Beliau sangat profesional, santun, cerdas. Kenaikan pangkat dipercepat karena prestasi, bukan karena apa-apa. Jadi wajar ada penugasan dari presiden kepada beliau,” ujar Ade Komarudin.

Tito Karnavian dilantik Jokowi jadi Kepala BNPT pada 16 Maret 2016. Pangkat Tito dinaikkan menjadi bintang tiga pada 12 April 2016. Sebelumnya Tito menjabat sebagai Kepala Polda Metro Jaya sejak 12 Juni 2015.

Tahun 2001, Tito memimpin tim Kobra dan berhasil menangkap Hutomo Mandala Putra atauTommy Soeharto dalam kasus pembunuhan hakim agung Syafiuddin Kartasasmita.

Tito Karnavian berpengalaman menangani masalah terorisme. Banyak prestasi yang dia peroleh setelah memimpin tim Densus 88 Polda Metro Jaya. Salah satunya, penangkapan teroris Azahari Husin dan kelompoknya di Batu, Malang, Jawa Timur, pada 2005. Tito juga membongkar jaringan teroris pimpinan Noordin M Top pada 2009.

KOMENTAR