Catat! Barang Penumpang Hilang, Pihak Maskapai Wajib Bertanggungjawab

0
loading...

TERASBINTANG.com – Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No 77 Tahun 2011 tentang tanggung jawab pengangkut angkutan udara, barag berharga milik penumpang pesawat yang hilang harus ditanggung pihak maskapai. Hal ini disampaikan Direktur Pelayanan Udara Kemenhub, Dadang, di Gedung 600 Angkasa Pura II, Tangerang, Rabu (6/1).

“Berkaitan barang tadi sudah dikatakan pak Danie sudah ada aturan barang hilang harus diganti, tetapi kalau hilangnya barang tidak terdaftar airline akan jadi kesulitan,” ujarnya.

Dia mengatakan peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa angkutan udara jadi fokus utama dalam sisi pengawasan di lapangan. Apa yang dilakukan Angkasa Pura II dalam peningkatan pelayanan disebutnya sudah lebih baik. “Baik sisi prasarana dan sarana sendiri saya rasa meningkat, mudah-mudahan dapat berlanjut,” paparnya.

Dadang mengatakan terkait kasus pencurian bagasi sendiri, itu sudah masuk ranah pidana. Sehingga persoalan itu disebutnya akan diserahkan Kemenhub ke polisi.

“Kami sendiri memperbaiki sistem SOP yang selalu kita cek ulang dan evaluasi setiap 2 sampai 3 bulan, saat ini fokus kita tidak memberikan sanksi tetapi bagaimana memperkuat sistem dalam rapat kemarin, penambahan CCTV sebagai langkah preventif,” jelas Dadang.

Selain itu akses keluar masuk air site yang satu pintu akan jadi bahan evaluasi. Ke depan, menurut Dadang, pelayanan kepada masyarakat akan dijadikan fokus. “Kami apresiasi dari AP II dan stakeholder yang berusaha merubah bahkan dari pak Daniel sendiri sudah siap melakukan evaluasi dengan cara assessment pegawai yang direkut,” punngkasnya. (wp)

loading...