Cegah Anggotanya Stres, Polri akan Lakukan Langkah-langkah Ini

0

TERASBINTANG.com – Kasus bunuh diri dan atau pembunuhan terhadap istrinya oleh oknum polisi diyakini karena tingginya angka stres di kalangan anggota polisi. Hal ini juga disasari oleh pimpinan Polri.

Irwasum Polri Komjen Dwi Priyatno mengatakan, untuk mengatasi masalah tersebut pihaknya sudah menyiapkan beberapa langkah. Salah satunya, kata dia, dalam waktu dekat pihaknya akan merekrut lebih banyak lagi para psikolog.

“Ya kita kan keterbatasan. Oleh karena itu dalam rekrutmen yang sekarang ini kita akan ada beberapa psikolog yang kita terima,” kata Komjen Dwi Priyatno di Gedung Kompolnas, Jl Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2016).

Selain memperbanyak psikolog, kata dia, Polri juga akan menjalin kerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan untuk pendampingan bagi anggota polisi.

Dengan kerjasama itu, kata dia, setiap anggota polisi melakukan tes kejiwaan setahun sekali. Dengan tes secara rutin, perkembangan kejiwaan anggota polisi akan terpantau.

“Tapi hal-hal tertentu bisa saja dilakukan oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polri kerjasama dengan RS Polri atau RS setempat,” jelasnya.

Sementara terkait rekrutmen anggota secara keseluruhan, mantan Kapolda Metro Jaya ini menegaskan, pengaturannya tidak ada yang salah. Sebab, sudah mengedepankan azas bersih dan transparan. (SUM)

KOMENTAR