Cerita Ustadz Ghufran tentang Masjid Al-Fata Jadi Tempat Pembai’atan Sekaligus Pengajian ISIS

0
loading...

TERASBINTANG.com — Ustadz Ghufran bercerita tentang kelompok ISIS yang sempat menjadikan Masjid Al- Fata, yang terletak di Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, sebagai tempat pembaiatan sekaligus pengajian ISIS.

“Di sini dulu jadi tempat pengajian ISIS, mereka cuma pinjam tempat aja. Pembaiatannya juga sempat di sini,” kata Ustadz Ghufran yang sudah 17 tahun menjadi imam di Masjid Al-Fata, kepada Terasbintang.com.

Menurutnya pengakuannya, jamaah ISIS yang ikut pengajian dari berbagai daerah di Indonesia. Tidak ada masyarakat lokal yang bergabung.

“Sebenarnya pengajian tersebut secara umum biasa sih. Kalau dipandang dari sudut Islam ya gak ada yang sesat, kalau dipandang dari sudut negara Indonesia atau NKRI mungkin ada gesekan. Kalau dipandang dari sudut demokrasi iya ada gesekan juga, karena targetnya kan khilafah,” ceritanya lebih lanjut.

Namun pengajian itu tidak berlangsung lama. Hanya berlangsung dari awal 2014 hingga pertengahan 2015. Itu karena pengajian ISIS tercium oleh polisi dan langsung dibubarkan.

“Pengajiannya itu sudah lama, tidak perlu dibesarkan-besarkan lagi itu ya. Terakhir pengajiannya setelah lebaran Idul Fitri ,” bilang Ustadz Ghufran.

Pengurus Masjid Al- Fata kala itu memberi idzin terhadap ISIS untuk pinjam tempat karena dinilai tidak ada masalah dalam hal akidah.

“Mereka sangat sopan. Ketika kita minta klarifikasi tidak seperti apa yang diberitakan media-media,” akunya. (wa)

loading...