Clear! Fatwa Nahdlatul Ulama: Shalat Jumat di Jalan Sudirman-Thamrin Tidak Sah!

0

TERASBINTANG.com – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akhirnya mengeluarkan fatwa terkait dengan hukum shalat Jumat di Jalan Sudirman-Thamrin. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketum PBNU Kiai Said Aqil Siraj menyikapi rencana GNPF MUI yang ingin gelar sajadah di jalan tersebut pada 2 Desember mendatang. Menurutnya, shalat jumat di Jalan protokol tersebut hukumnya tidak sah.

“Kalau sengaja keluar dari rumah mau salat Jumat di jalan, salatnya enggak sah. Mengganggu ketertiban dan kepentingan orang lain. Tapi kalau imamnya di masjid, makmumnya keluar di jalan, enggak apa-apa,” kata Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj di sela Kongres XVII Muslimat NU di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (24/11).

Keputusan tersebut, kata Said, berdasarkan keputusan dari pembahasan NU dan kiai-kiai. “Saya hanya mengeluarkan fatwa,” kata Said.

Menurutnya, fatwa tersebut sama sekali tak ada kaitan dengan Ahok. Ini adalah murni dan berlaku kapan saja untuk umat Islam bahwa shalat dengan mengganggu ketertiban umum tidak boleh. “Salat Jumat di jalan kapan pun, di mana pun, enggak sah menurut Mazhab Syafii,” Said membeberkan.

Ia pun menghimbau warga NU untuk tetap menahan diri dan tidak ikut-ikutan terjun ke jalan pada 2 Desember. “Saya mengimbau keluarga NU tidak ikut demo. Kan sedang diproses hukum. Mau apa lagi?” kata Said.

KOMENTAR