Demo 2 Desember, Panglima TNI: Demo Menjurus Pada Tindakan Makar, TNI Wajib Bertindak

0

TERASBINTANG.com — Aparat kepolisian akan mengawal aksi demo 2 Desember nanti dengan mengerahkan sekitar 18 ribu personil. Polisi akan diback up penuh oleh pasukan khusus TNI untuk menjamin keamanan pada masyarakat umum.

TNI bersama Polri siap menindak tegas apabila terjadi tindakan dekstruktif dilakukan oleh para pendemo yang menciptakan ketidak-amanan pada masyarakat. 

“Kami siap memberikan rasa aman terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi, terutama sebagai efek demonstrasi yang dimanfaatkan yang berpotensi berubah menjadi anarkistis,” kata Panglima TNI Gatot Nurmantyo di Jakarta, Selasa (22/11).

TNI juga berkewajiban mengamankan objek vital. Jika ada peserta aksi demontrasi 212 melakukan pengrusakan dan penjarahan, TNI tidak akan segan malakukan tindakan tegas. Bahkan polisi dan TNI akan pasang badan jika peserta aksi ada yang berani melakukan tindakan makar.

“Apabila demonstrasi menjadi anarkistis dan menjurus kepada tindakan makar, maka itu bukan urusan Kepolisian saja. TNI juga wajib bertindak,” tegasnya.

Gatot menghimbau masyarakat mempererat persatuan bangsa dan merawat kebhinekaan dengan menolak dimanfaatkan oleh segelintir elit politik.

“Dengan Bhinneka Tunggal Ika dan tidak melihat latar belakang suku, bahasa, agama, warna kulit dan bentuk rambut, kita bisa merebut kemerdekaan. Kita membangun bangsa ini dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika,” tandasnya.

KOMENTAR

loading...