Demokrat Kemungkinan Nonblok di Putaran 2 Pilgub DKI

0
loading...

TERASBINTANG.com – Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo mengatakan partainya kemungkinan besar tidak memihak salah satu kandidat yang akan bertarung di putaran kedua Pilgub DKI Jakarta 19 April mendatang. Dua kandidat yang akan bertarung di putaran kedua nanti adalah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

“Kemungkinan besar (Partai Demokrat) akan memberikan sinyal untuk nonblok. Nonblok dengan catatan, tidak boleh golput, tetap memilih, karena ini hak politik dan demi kemajuan Jakarta,” kata Roy, Jumat (3/3/2017).

Partai Demokrat hingga saat ini belum menyatakan sikap resminya, apakah pasti akan nonblok atau mendukung salah satu pasangan calon. Menurutnya, semua kemungkinan masih bisa terjadi, tetapi memang sejauh ini Demokrat lebih cenderung nonblok.

Sebab, kata dia, sejak awal Partai Demokrat mengusung pasangan calonnya sendiri, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni. Jika Partai Demokrat ada kesamaan dengan kubu kandidat lain, sejak awal mereka tidak perlu mengusung Agus dan Sylvi.

“Kami kan kemarin sudah maju sebagai paslon nomor satu. Kalau misalkan dari awal dukung paslon nomor tiga, dari awal dua paslon saja. Memang ada kesamaan, tetapi tidak 100 persen visi-misinya sama dengan paslon nomor dua dan tiga,” tutur Roy.

Pernyataan sikap resmi Partai Demokrat akan disampaikan setelah KPUD DKI Jakarta menetapkan kandidat yang akan melaju pada putaran kedua nanti. Roy memastikan, paling lambat keputusan Partai Demokrat terkait hal ini akan disampaikan Sabtu (4/3/2017) besok.

Roy menambahkan, jika pada akhirnya sikap partai nonblok, maka Demokrat menyerahkan sepenuhnya kepada para kader dan relawan untuk memilih calon pemimpin mereka masing-masing tanpa arahan dari partai.

loading...