Demokrat Resmi Jadi Partai Keluarga Bila Ani Yudhoyono Dipaksa Nyapres 2019

0
Ani Yudhoyono

TERASBINTANG.com – Ani Yudhoyono disebut-sebut akan maju sebagai calon Presiden pada Pilpres 2019 mendatang. Isu ini pun mendapat tanggapan beragam dari sejumlah pihak. Ada yang menganggap hal itu bisa menjadikan Partai Demokrat sebagai partai keluarag.

“Potensi partai demokrat menjadi partai keluarga tidak bisa diabaikan dalam pembacaan publik,” tegas Pengamat Politik Universitas Bengkulu, Lely Arrianie, Selasa (22/3).

Menurut Lely, sebagai partai yang pernah menjadi pemenang Pemilu seharusnya mempunyai investasi politik. Dengan kata lain memiliki sistem pengkaderan yang memadai. Nah, investasi dan sistem pengkaderan yang memadai itu seharusnya dilihat sebagai upaya pimpinan dan fungsionaris partai untuk mampu menghantarkan kader-kader potensialnya.

Hal ini berarti bisa menghantarkan kader potensialnya yang tidak memiliki relasi kekerabatan. Atau, dia melanjutkan, kader yang bukan bersifat patronase dengan pemimpin partai saja.

Dengan adanya isu pencapresan Ani Yudhoyono, Lely berpendapat, ini jelas tidak menjadi relevan dalam membuat sebuah partai untuk bisa tumbuh bersama kader potensialnya. “Yakni, bersama kader potensial yang tidak punya relasi patronase tadi,” kata Lely. (fk)

KOMENTAR