Dibubarkan, Mimpi HTI Dirikan Khilafah Tinggal Kenangan

0
loading...

TERASBINTANG.com – Pemerintah akhirnya menjawab desakan publik untuk membubarkan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang mengusung ideologi khilafah yang bertentangan dengan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Hari ini, Senin (8/4/2017) pemerintah akhirnya resmi memutuskan untuk membubarkan HTI. Kegiatan-kegiatan HTI terindikasi kuat bertentangan dengan tujuan, azas, dan ciri yang yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas.

Melalui keterangan pers yang disampaikan oleh Menko Polhukam Wiranto dikatakan, aktifitas yang dilakukan oleh HTI nyata-nyata telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, serta membahayakan NKRI.

“Mencermati berbagai pertimbangan di atas, serta menyerap aspirasi masyarakat, pemerintah perlu mengambil langkah-langkah hukum secara tegas untuk membubarkan  HTI,” kata Wiranto dalam keterangan persnya di Kemenko Polhukam yang turut didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Kepala Polri Jenderal (Pol) Tito Karnavian dan pejabat lainnya di Jakarta Pusat, Senin (8/5/2017).

Wiranto menegaskan, pembubaran HTI bukan berarti pemerintah anti ormas Islam. Akan tetapi hal ini dilakukan demi merawat dan menjaga keutuhan NKRI. “Keputusan ini diambil bukan berarti pemerintah anti terhadap ormas Islam, namun semata-mata dalam rangka merawat dan menjaga keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945,” pungkasnya.

HTI belakangan ini memang kerap hendak menggelar kegiatan Forum Khilafah Internasional dengan tema “Khilafah Kewajiban Syar’i Jalan Kebangkitan Umat” di berbagai daerah di Indonesia. Namun, kegiatan tersebut mendapat penolakan dari masyarakat setempat. Penolakan masyarakat ini mendapat dukungan dari pihak kepolisian. Polisi secara tegas melarang berlangsungnya kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut menjadi alasan bagi masyarakat untuk mendesak pemerintah membubarkan HTI. HTI malalui forum tersebut disebut akan melakukan propaganda pendirian khilafah di Tanah Air. Hal ini tentu sangat berbahaya terhadap kesatuan NKRI. Sebab, ideologi khilafah bertentangan dengan Pancasila sebagai dasar negara.

Setelah dibubarkan oleh pemerintah, cita-cita HTI mendirikan Khilafah Islamiyah kini sirna. HTI sudah menjadi ormas terlarang di Indonesia.

 

 

loading...