Dihina Komisi I DPR Hanya Karena Bersihkan Gorong-gorong Bantu Ahok, Ini Tanggapan TNI

0

TERASBINTANG.com – Aksi TNI membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan ikut menyusuri gorong-gorong untuk menemukan penyebab banjir rupanya tidak membuat semua pihak senang. Ada saja yang tidak suka.

Bahkan, ketidaksukaan itu bukan dari masyarakat biasa, tapi dari wakil rakyat di DPR RI. Adalah Komisi I DPR,  mulai dari Politisi PKS Mahfudz Siddiq dan Politisi PDIP TB Hasanuddin, yang melancarkan kritik hingga hinaan.

Apa yang dilakukan TNI itu, menurut mereka, tidak pantas dan bukan wewenangnya. Sebab, kata mereka, yang dilakukannya tersebut bukanlah termasuk bagian dari Efek Deteren, yaitu Sistem Pertahanan Meski Tak Ada Perang.

“Masak TNI masuk gorong-gorong, itu bukan efek deteren. Kemudian ada TNI, masak usir lonte, itu bukan efek deteren,” ujar TB Hasanuddin, Jumat (4/3/16) lalu.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat Brigadir Jenderal M Sabrar Fadhila menjelaskan bahwa selama ini TNI memberikan bantuan kepada pamerintah dalam bidang apa saja yang dibutuhkan dan TNI bisa lakukan.

Seperti membantu korban banji, korban bencana, dan apa saja yang pemerintah minta, kata Sabrar, TNI selalu siap melakukannya.

“Pada prinsipnya begini, kita sifatnya membantu terhadap apa yang dilakukan oleh pemerintah, masalah apapun,” ujar Sabrar.

Tak hanya itu, menurut Sabrar, tak ada yang salah dalam bantuan TNI untuk menyusuri gorong-gorong. Juga, kata dia, tidak ada undang-undang yang dilabrak.

“Tugas sesuai dengan undang-undang kita, bahwa kita bisa membantu tugas pemerintah daerah. Saya kira dalam kondisi damai boleh lah. Sesama bangsa kita saling membantu,” lanjutnya. (SUM)

KOMENTAR