Dikawal Polisi Tangguh, Penertiban Kalijodo Lancar Jaya, 275 KK Hijrah ke Rusuh Tanpa Pertumpahan Darah

0

TERASBINTANG.com – Hingga saat ini, sudah 275 Kepala Keluarga (KK) dipindah ke Rumah Susun (Rusun). 77 KK sudah pindah ke Rusun Pulogebang dan 198 KK pindah ke Rusun Marunda.

“Jadi, total yang terdaftar sampai hari ini ada 275 KK. Yang sudah menempati rusun 100 KK,” kata Kepala Unit Pengelola Rumah Susun Marunda, Suharyanti, di posko pelayanan terpadu warga relokasi Kalijodo di Rusun Marunda, Senin (29/2).

Menurut Suharyanti, awalnya ada 200 KK yang akan direlokasi ke Rusun Marunda. Namun dua KK mengembalikan kunci dengan alasan lokasi rusun jauh.

Suharyanti juga menjelaskan, pihaknya menyediakan 265 unit dari total 2.580 unit yang ada di Rusunawa Marunda. Blok A11 menjadi blok terbanyak, yakni mencapai 80 unit. Rusun Marunda memiliki tiga kluster dan 26 blok. Rencananya tahun ini kembali dibangun tiga blok tambahan.

Pendekatan Jitu Polisi

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal mengaku akan menindak tegas jika ada warga yang melawan atau berupaya menghalangi kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam penggusuran ini.

“Jika mereka melakukan kekerasan, siapapun, bukan hanya mereka (warga Kalijodo) yang melawan upaya hukum, kita akan tindak setegas-tegasnya,” ujarnya kepada wartawan, Senin (29/2).

Iqbal mengatakan, tentunya tindakan tersebut sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang ada. Pihaknya akan melakukan somasi mulai dari tahap satu, dua, hingga tiga.

“Kita ingatkan dulu, kami somasi sampai tiga kali. Ada tim negosiasi dan tim penindak. Kita sudah siapkan semua,” imbuhnya.

Hingga hari pembongkaran ini, Iqbal menuturkan masih ada beberapa warga yang bertahan di kediamannya. Tentu hal itu menjadi tantangan bagi pihakya. Sosialisasi menjadi hal utama yang ia lakukan agar warga tersebut mau beranjak dari lokasi tersebut.

“Dari identifikasi, kita mensinyalir masih ada yang bertahan tapi jumlahnya hanya puluhan. Kami terus melakukan himbauan dan penggalangan kepada mereka,” tutupnya. (fk)

KOMENTAR