Dikritik Karena Jadi Saksi Ahli Ahok, Ini Pembelaan Ishomuddin

0
loading...

 

TERASBINTANG – Rais Syuriah PBNU Ishomuddin menuai banyak kritik karena menjadi saksi ahli yang meringankan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada persidangan ke 15. Namun, Dosen Fakultas Syariah IAIN Raden Intan Lampung itu mengaku punya alasan sendiri kenapa mau menjadi pembela Ahok.

Menurut Ishomuddin, alasannya menjadi saksi yang meringankan Ahok, didasari oleh tiga hal. Pertama, persoalan niat. Menurutnya, niat hanya diketahui oleh orang yang menyatakan perkataan.

Kedua, momen kampanye Ahok. dia menganggap, tidak masuk akal jika seorang yang sedang berkampanye merendahkan apa yang disucikan oleh calon pemilihnya.

“Ahok tidak bermaksud menistakan agama Islam terutama surah Al Maidah ayat 51, dan tidak bermaksud melecehkan ulama,” kata Ishomudin, Jumat (24/3).

Atas alasan-alasan itu, kata dia, banyak rekan dan temannya yang memberi dukungan. Dukungan itu datang dari sesama akademika IAIN Lampung dan juga dari orang-orang NU. Bahkan, kata dia, Rektor IAIN Raden Intan Lampung Moh Mukri sangat bangga dengan penampilan Ishomuddin.

“Banyak sekali, lewat telepon dan datang langsung untuk mendukung pernyataan saya,” kata dia. (SUM)

loading...