Diperintah Jokowi Segera Minta Data Tes Urine Bupati Ogan Ilir, Mendagri: Siapp!

0

TERASBINTANG.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) menangkap Bupati Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Ahmad Wazir Nofiandi terkait penyalahgunaan narkoba pada Minggu (13/3). Kasus ini pun rupanya mendapat perhatian serius dari Presiden Joko Widodo.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo akan segera menonaktifkan kepala daerah tersebut. “Kemarin beliau (Presiden) telepon saya, dicek kebenarannya. Ada diskresi yang harus dilakukan Mendagri,” kata Tjahjo di Jakarta, Selasa (15/3).

Politikus PDIP itu menjelaskan, Biro Hukum Kemdagri segera berkoordinasi dengan BNN untuk meminta data hasil tes urine sebagai dasar untuk memberhentikan sementara. Kemendagri juga akan mengecek wakil bupatinya yang diduga terlibat kasus serupa. Bila positif, maka Sekretaris Daerah (Sekda) ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh).

“Tes urine juga Wabup. Kalau Wabup bersih, nanti yang Plh Wabup. Kalau Wabup positif, ya sekdanya,” ujar Tjahjo.

Dia menegaskan, pihaknya akan bekerja cepat. “Ini sudah tidak benar. Kami juga minta polisi untuk mengecek, tes kesehatan saat pencalonan. Dokter siapa? Rumah sakit di mana? Kok sampai lolos,” tegas Tjahjo.

KOMENTAR