Disebut Paling Korup, Pengamat: Tugas Polri Luas, Tak Bisa Hanya Dilihat dari Satu Sisi Saja

0
loading...

TERASBINTANG.com – Transparency International kembali meluncurkan Global Corruption Barometer (GCB). GCB tersebut memotret kinerja pemberantasan korupsi berdasarkan persepsi dan pengalaman masyarakat di masing-masing negara. Hasilnya, Polri menempati posisi pertama sebagai lembaga paling korup di Indonesia.

Menanggapi hasil survei tersebut, peneliti Puskamnas dari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Ali Asghar mengatakan Polri sebagai lembaga dengan lingkup tugas yang sangat luas tidak bisa hanya dilihat dari satu sisi saja sehingga Polri disebut sebagai lembaga terkorup. Menurutnya, masih banyak aspek lain yang patut diapresiasi oleh masyarakat.

“Masyarakat juga harus melihat dimensi lain Polri seperti dalam dalam penanganan terorisme,” ujar Ali Asghar kepada Terasbintang.com, Rabu (8/3/2017).

Menurut Ali, penangangan tindak pidana terorisme oleh Polri patut diapresiasi masyarakat karena mampu bertindak cepat menggagalkan beberapa aksi terorisme di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Tentu, lanjut Ali, hasil survei tersebut harus dijadikan sebagai bahan masukan untuk mereformasi diri melawan budaya korupsi di lingkungan Polri.

“Hal ini sejalan dengan semangat Polri untuk terus berbenah sesuai grand strategi yang sudah masuk pada tahap ke tiga periode 2016-2017 yaitu Strive for Excellence,” pungkasnya.

loading...