Diskusi dengan Kemenhub, Uber dan GrabCar Nyatakan Siap Ikuti Aturan Pemerintah

0

TERASBINTANG.com – Polemik transportasi online mulai terurai. Setelah Kemenhub mengundang Pihak Uber dan GrabCar, keduanya langsung menyatakan bersedia mengikuti aturan yang diterapkan pemerintah.

“Kami akan mengikuti semua aturan dari Kemenhub. Kami juga akan mengevaluasi bisnis kami saat ini,” kata Komisaris Uber Indonesia Donny Sujadi di Kemenhub, Rabu (23/3/2016).

Hal sama juga dinyatakan GrabCar. Perwakilan GrabCar yang hadir pada pertemuan di Kemenhub, Teddy, mengatakan, mitra yang selama ini menjadi penyedia mobil sedang mengurus perizinan. Sebentar lagi, kata dia, izin itu akan keluar.

“Kami percaya kepada pemerintah khususnya bisnis sharing berbasis online. Kami berkomitmen juga untuk segera mendapatkan perijinan mitra kami,” jelasnya.

Seperti diketahui, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menegaskan bahwa problem tranportasi online bukan pada masalah aplikasinya, tetapi pada kendaraan yang digunakan. Selama ini, kendaraan yang dipakai sebagai angkutan umum itu tidak memenuhi izin dan aturan yang berlaku.

“GrabCar-Uber, masalahnya bukan pada aplikasi online, tapi sarananya, yaitu kendaraan yang digunakan untuk angkutan umum,” kata Jonan.

Jonan mendukung penuh sistem online yang berdasarkan pengalamannya telah diterapkan di PT KAI tiga tahun terakhir, sehingga pelayanan kereta lebih baik dan efisien bagi penumpang.

Dia juga mendorong agar angkutan umum menggunakan aplikasi online sesuai dengan perkembangan zaman.

Terhadap permasalahan saat ini, Jonan menawarkan pihak penyedia jasa transportasi online bekerja sama dengan badan hukum penyelenggara angkutan umum.

Dari kerja sama itu, kendaraan yang digunakan harus mengikuti standar dan ketentuan berlaku, seperti uji berkala/kir setiap enam bulan dan SIM A umum yang harus dimiliki pengendara.  (SUM)

KOMENTAR

loading...