Ditanya Siapa yang Bayar, Karyawan Freeport yang Demo di Kementerian ESDM Bungkam Semua

0

TERASBINTANG.com – Ratusan orang yang mengaku sebagai karyawan PT Freeport Indonesia dari Mimika, Papua menggelar aksi demonstrasi di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (7/3/2017). Mereka menuntut pemerintah untuk segera memberi kejelasan terhadap operasional Freeport yang terhenti sejak 12 Januari lalu. Dampaknya, pada 10 Februari 2017 lalu, Freeport merumahkan karyawannya.

Biaya dari Mimika ke Jakarta tentu butuh uang yang tidak sedikit. Harga tiket dari Mimika ke Sorong saja sekitar Rp 600.000, lalu dari Sorong ke Jakarta harganya sekitar Rp 1.400.000.

Jadi untuk pulang pergi dari Jakarta-Sorong-Mimika, harga tiket pesawat mencapai kira-kira Rp 4 juta per orang. Belum lagi biaya untuk makan, menginap di Jakarta, dan sebagainya. Rasanya agak sulit dipercaya kalau aksi tersebut tidak ada yang mendanai. Apalagi, para demonstran kompak bungkam saat ditanya siapa yang membiayai aksi tersebut.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng secara blak-blakan mengatakan para demonstran yang datang ke Jakarta merupakan massa bayaran. Bahkan, ada kemungkinan mereka bukanlah karyaan Freeport.

“Yang demo-demo ini untuk mereka cari makan, saya enggak tahu dari mana mereka saya enggak tahu, kalau yang datang demo ini karyawan aktif Freeport saya kenal muka mereka. Mereka dibiayai Freeport,” ujar Eltinus.

loading...