Ditinggal Ahok Cuti Kampanye, APBD DKI Jakarta “Dipreteli” Habis-habisan

0

TERASBINTANG.com – Majalah Tempo Edisi minggu ini mengungkap fakta permainan proyek “titipan” di APBD DKI Jakarta 2017. Dalam penelusuran Tempo, banyak sekali anggaran untuk proyek tersebut dari DPRD DKI Jakarta.

Sebabnya, Plt Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono, menaikkan besaran anggaran Jakarta 2017 dari Rp 68,76 triliun menjadi Rp 70,29 triliun. Menurut Soni, penambahan anggaran ini salah satunya karena ada kegiatan yang diusulkan sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta masuk ke mata anggaran di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2017 DKI Jakarta.

“Mereka teman sebelah kami,” katanya Rabu pekan lalu.

Dalam penelusuran Tempo, usulan proyek tersebut muncul setelah reses 2015 dan 2016. Sejak saat itu, Dewan mengusulkan ribuan kegiatan dimasukkan ke anggaran 2017. Misalnya pengadaan alat angkut kebersihan senilai Rp 25 miliar di Dinas Kebersihan. Ribuan usul tertuang dalam satu bundel buku. Selain itu, ada pengadaan kontainer dan gerobak sampah. Kepala Dinas Kebersihan Isnawa Adji mengatakan angka pengadaan gerobak motor melonjak dua kali lipat setelah dibahas bersama DPRD. “Banyak yang minta,” ujarnya.

Kepala Subbidang Program dan Pembiayaan Pembangunan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DKI Jakarta Agus Imam mengatakan usul ini masuk pada Mei lalu. Usul ini diperbolehkan karena diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010. “Kami hanya menerima kegiatan yang sudah diparipurnakan,” kata Agus. Anggota Badan Anggaran Dewan DKI, Bestari Barus, mengatakan usul mereka merupakan hal wajar karena pernah dilakukan sebelumnya. “Itu usul masyarakat dari hasil reses,” ujar Bestari.

Aneka Proyek Selera Dewan

SEJUMLAH anggota DPRD DKI Jakarta menitipkan proyek ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Kadang rawan penyimpangan.

Pengadaan alat angkut kebersihan gerobak motor
Rp 50 miliar
Pengadaan kontainer kebersihan di Dinas Kebersihan
Rp 4,31 miliar
Pengadaan gerobak sampah di Dinas Kebersihan
Rp 876 juta
Pengadaan alat peraga edukasi untuk pendidikan anak usia dini (PAUD)
Rp 61 juta dan Rp 116 juta
di Suku Dinas Pendidikan Jakarta Timur.
Pengadaan alat peraga edukasi untuk PAUD
Rp 196 juta dan Rp 57 juta
di Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan.

loading...