DPR Perketat Syarat Calon Independen, Penjegalan Ahok Maju Pilgub DKI Makin Telanjang,

0

TERASBINTANG.com – Perubahan akan Undang-Undang Pilkada kembali diwacanakan di Komisi II DPR. Wacana perubahan yang paling santer terdengar pun salah satunya adalah terkait pada bagian syarat dukungan kartu bagi calon independen. Dari semula 6,5-10 persen dari jumlah pemilih Pilkada sebelumnya menjadi 10-15 persen atau 15-20 persen.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan menyerahkan semua mekanisme Pilkada kepada DPR. Walaupun dalam pembahasannya kelak melibatkan pemerintah.

“Itu DPR lah. Mereka punya hak walaupun tentu dengan pembicaraan pemerintah,” kata JK di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (15/3).

Sebelumnya judicial review atas UU Pilkada mengenai persyaratan independen ini telah diusulkan tahun lalu. Masyarakat kala itu mengusulkan, jumlah dukungan diambil dari total penduduk, bukan pemilih pada Pilkada sebelumnya. Namun hal ini ditolak oleh MK. Sementara itu mengenai calon independen yang dituding bakal menggerus eksistensi partai politik, JK menyatakan keberadaan calon independen pun diputuskan DPR yang terdiri dari anggota parpol. (fk)

KOMENTAR

loading...