Duh Kompaknya! Polisi dan TNI Saling Bahu-membahu Padamkan Kebakaran Hutan Riau

0

TERASBINTANG.com – TimTNI dan Polri tampak saling baru-membahu memadamkan kebakaran lahan masih terus terjadi di Desa Penyengat Kecamatan Sei Apit, Siak, Riau. Pasalnya, ada 50 hektar lahan yang terbakar.

“Kebakaran sudah lebih lima hari lalu. Lahan ini merupakan milik warga setempat,” kata Bintara Tata Urusan Dalam (Batituud) Koramil 06 Sei Apit, Pelda Sutikno, dikutip dari detikcom, Selasa (8/3).

Sutikno menjelaskan, dalam upaya pemadaman ini timnya kewalahan keterbatasan air. Padahal lokasi berada di sekitar pantai. Sayangnya, selang mesin tidak sampai untuk menyedot air laut.

“Yang susah itu urusan airnya dan kondisi selang semprot airnya terbatas. Walau demikian, tim kita berusaha keras untuk melakukan pemadaman,” kata Sutikno.

Sutikno menjelaskan, tim yang berada di lokasi pemadaman terdiri dari Koramil 06, Sei Apit, Batalyon Arhanudse, Polsek Sei Apit, Tim PT Arara Abadi Forestry, dan Masyarakat Peduli Api (MPA).

“Kita sistem shift siang dan malam melakukan pemadaman. Hari ini kita sudah bisa memadamkan kobaran api,” kata Sutikno.

Walau sudah dipadamkan, lanjut Sutikno, namun asap masih mengepul di lokasi. Kondisi ini tetap menjadi perhatian tim pemadam karena bisa jadi lahan kembali terbakar.

“Pemilik lahan dan pekerjanya sudah diamankan pihak kepolisian. Karena saat tim berada di lokasi pertama kali, ada pekerja yang dengan sengaja membakar lahan,” tutup Sutikno. (fk)

KOMENTAR