E-KTP Diberlakukan Seumur Hidup, Mendagri Sudah Terbitkan Surat Edarannya

0

TERASBINTANG.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo telah menandatangani surat edaran (SE) kepada seluruh gubernur, bupati dan wali kota terkait penegasan E-KTP yang diberlakukan seumur hidup.

“SE sudah ditandatangani Pak Menteri pada Kamis (28/1),” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) Zudan Fakrulloh, Jumat (29/1/2016).

Perlu untuk diketahhui bahwa  SE memang sepatutnya diterbitkan karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui masa berlaku KTP elektronik seumur hidup tersebut.

“Penyedia layanan seperti pihak bank dan notaris serta kepolisian belum tahu KTP elektronik yang ada masa berlakunya tidak perlu diperpanjang,” ujarnya.

Sebelumnya, Mendagri meminta masyarakat tidak mengkhawatirkan terkait masih adanya KTP elektonik yang memuat masa berlaku.,“KTP elektronik yang sekarang dibagikan, masa berlakunya memang tertulis berlaku seumur hidup. Namun untuk yang sudah kedaluarsa pun masih sah dan tetap berlaku,” (Rs)

loading...