Forum BEM PTKI Sepakat HTI Harus Dibubarkan

0
loading...

TERASBINTANG.com – Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi tuan rumah pelaksanaan Silaturrahmi Nasional Forum Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Se-Indonesia (BEM PTKI) yang berlangsung pada tanggal 2-4 Mei kemarin.

Dalam kegiatan yang mengangkat tema Revivalisasi Peran dan Gerak Mahasiswa Islam Dalam Menyikapi Problematika Kebangsaan itu mahasiswa sepakat menolak konsep Khilafah dan meminta agar Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dibubarkan.

Presiden Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, Riyan Hidayat, mengatakan kegiatan ini dihadiri 54 BEM PTKI Se-Indonesia dan banyak melakukan Fokus Grup Diskusi (FGD) membahas persoalan keumatan dan kebangsaan.

“Salah satu butir yang kami hasilkan adalah menolak paham HTI karena bertentangan dengan Pancasila dan konsep Islam Rahmatan Lil’alamin. Indonesia adalah negara majemuk dan plural sehingga tidak cocok jika konsep HTI diterapkan di Indonesia,” kata Riyan, Kamis (4/5/2017).

“Kita ingin HTI dibubarkan dan meminta agar rektorat melarang HTI masuk kampus, karena mereka jelas-jelas sudah mendeklarasikan ingin menjadikan Indonesia sebagai negara khilafah, itu adalah bukti Pancasila dan UUD 1945 sedang terancam,” imbuhnya.

Sementara itu, Presiden Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Banten juga menyampaikan hal senada. Menurutnya, konsensus kebangsaan tetap harus dijaga sebagai pemersatu bangsa dan Indonesia berdiri tidak hanya dibangun satu kelompok dan agama saja.

“Ini Indonesia, paham yang dianut adalah Islam Indonesia. Negara kesatuan yang berbhineka harus tetap menjadi kekuatan bersama, tidak harus dibuat menjadi negara Islam, HTI itu ya harus dibubarkan, mereka sudah mengancam keutuhan berbangsa dan bernegara kita,” ujarnya.

Menurut dia, nilai luhur pancasila  menghargai dan mengakui keragaman agama dan budaya sehingga harus tetap dijaga untuk mempersatukan bangsa.

loading...