Ganggu Ketertiban Umum, Polri Larang Demo 212 Digelar di Jalan Sudirman-Thamrin

0

TERASBINTANG.com – Kapolri Jenderal Pol Tito karnavian akan segera mengelaurkan maklumat berisi larangan aksi demo yang akan dilakukan di sepanjang Jalan Sudirman dan Thamrin yang berpusat di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Aksi ini merupakan kelanjutan dari demo Bela Islam untuk menyikapi kasus Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Para demonstran mengancam akan menutup akses di sekitar Bundaran HI yang merupakan tempat kendaraan melintas setiap harinya.

“Kapolri akan mengeluarkan maklumat untuk itu, termasuk polda-polda,” ujar Tito, Jakarta, Senin (21/11).

Menurut Tito, jika demo dilakukan dengan tidak mengganggu ketertiban umum, tentu tidak masalah, tapi bila dilakukan dengan menutup akses publik, pihaknya akan melarang dan menindaktegas jika tetap dilakukan.

 

Seperti diketahui gerakan nasional pengawal fatwa MUI akan mengelar demo pada 2 Desember. Anehnya, demo tersebut akan digelar dengan pola gelaran salat Jumat di sepanjanga Thamrin-Sudirman.

Menurut Kapolri, bila kegiatan tersebut digelar dengan salat Jumat, pihaknya mengarahkan agar digelar di lapangan Banteng atau Monas, sehingga tidak mengganggu ketertiban umum. “Kalau mau shalat Jumat bisa di Istiqlal, Lapangan Banteng, Monas, ya monggo. Namun, kalau di jalan protokol, memacetkan Jakarta, tidak bisa. Itu jelas undang-undangnya,” kata Tito.

KOMENTAR

loading...