Gelar RDP di Daerah, DPD RI Tekankan Pentingnya Penguatan Agenda Bela Negara

0

TERASBINTANG.com – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Ahmad Syaifullah Malonda, SP, menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) di desa Mpanau, Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi, Sabtu (27/02/2016). Rapat tersebut membahas tentang ketahanan nasional, bela negara dengan program wajib militer, dan penghayatan kembali nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bernegara dan berbangsa.

RDP ini bertujuan agar keterwakilan mereka di dataran legislatif sepenuhnya bisa mengakomodir aspirasi ataupun masalah yang terjadi atau berkembang pada masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Malonda berharap RDP tersebut bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang bahaya paham radikal yang berkembang saat ini. “Di sekolah-sekolah, seharusnya ini sudah menjadi perhatian serius, agar tertanam sejak dini kesadaran untuk menjadi warganegara yang baik,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, warga tampak antusias mengikuti acara. Mereka menjadi partisipan aktif yang terus menyuarakan aspirasinya. Aditya, misalnya, salah satu warga asli Mpanau, mengusulkan perlunya tindaklanjut dari sosialisasi itu terhadap tokoh-tokoh agama, tokoh adat, dan lain-lain.

“Ada baiknya sosialisasi apapun bisa difokuskan pada tokoh agama, tokoh masyarakat, dan para tokoh-tokoh adat dirangkul, agar nantinya faham ideologi kebangsaan bisa melalui corong-corong mereka sebagai tokoh dan pemuka yang dianggap lebih didengar oleh masyarakat.” ungkap Adit. (fk)

KOMENTAR